Jombang, 23 November 2024 – SMK Telekomunikasi Darul Ullum mengadakan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun perangkat soal asesmen berbasis digital. Workshop ini dihadiri oleh para guru dari berbagai mata pelajaran yang ada di sekolah tersebut. Kegiatan ini diadakan sebagai bagian dari upaya untuk mempersiapkan para pendidik menghadapi perkembangan teknologi pendidikan yang semakin pesat, khususnya dalam implementasi asesmen berbasis digital yang lebih efisien dan efektif.
Workshop ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman mendalam kepada para guru mengenai cara menyusun soal asesmen yang tidak hanya berbasis digital, tetapi juga dapat memberikan hasil yang valid dan akurat dalam mengukur kompetensi siswa. Dalam era digital seperti sekarang ini, asesmen berbasis teknologi menjadi sangat penting, baik dalam hal efisiensi, aksesibilitas, maupun keakuratannya.
Kegiatan ini memberikan pemahaman mengenai berbagai aspek penting dalam pembuatan soal asesmen digital, mulai dari pembuatan soal yang sesuai dengan kurikulum, pengintegrasian teknologi dalam pembuatan soal, hingga penggunaan aplikasi atau platform asesmen digital.
Kegiatan workshop dimulai dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMK Telekomunikasi Darul Ullum yaitu Bu Nur Laila, S.Pd, yang menyampaikan pentingnya pembekalan keterampilan digital bagi para guru dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan dunia kerja dan perkembangan teknologi. Kepala sekolah juga menekankan bahwa teknologi pendidikan harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan asesmen.
Selanjutnya, para peserta workshop diberi pemaparan materi oleh narasumber ahli dalam bidang teknologi pendidikan yaitu Bapak H. Kaseri, S.Pd., M.M., M.Pd. Narasumber tersebut menjelaskan tentang prinsip dasar dalam pembuatan soal asesmen berbasis digital, berbagai jenis platform yang dapat digunakan, serta tips dan trik dalam mengembangkan soal yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan evaluasi pendidikan.
Selain pemaparan teori, peserta workshop juga diajak untuk langsung mempraktikkan pembuatan soal asesmen digital menggunakan berbagai aplikasi yang dapat diakses secara mudah dan gratis. Para guru diberikan kesempatan untuk membuat soal-soal, yang nantinya dapat diterapkan dalam asesmen siswa di ketika Asesmen Akhir Semester.
Para guru yang mengikuti workshop ini menunjukkan antusiasme yang tinggi. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi mengenai berbagai tantangan yang dihadapi dalam menyusun soal asesmen berbasis digital, terutama terkait dengan pemilihan platform yang tepat dan cara membuat soal yang interaktif dan menarik bagi siswa.
Dengan adanya workshop ini, diharapkan para guru dapat lebih siap dalam menghadapi tantangan pendidikan digital, serta mampu memanfaatkan teknologi untuk membuat asesmen yang lebih efektif dalam mengukur kompetensi siswa. Dengan demikian, workshop penyusunan perangkat soal asesmen berbasis digital pada tanggal 23 November 2024 menjadi salah satu langkah penting dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih modern, efisien, dan relevan dengan kebutuhan zaman.